Home » Uncategorized » Cara Ber-Trello dengan Saya

Start here

Cara Ber-Trello dengan Saya

Registrasi Aplikasi Trello

  1. Mahasiswa membuat akun di website Trello, dianjurkan untuk menginstall aplikasi Trello pada smartphone masing-masing.
  2. Memberikan alamat email yang digunakan untuk membuat akun Trello kepada dosen pembimbing agar dapat ditambahkan sebagai member dalam Broad Trello.

 

Board Trello

Board Trello yang dibuat bernama Skripsi/Thesis [IGB], merupakan media monitoring seluruh mahasiswa bimbingan skripsi dan thesis.

 

Di dalam board ini terdapat 8 List sebagai berikut:

Target Mingguan

List tempat mahasiswa membuat card target yang ingin dicapai dalam waktu 1 minggu

 

Target Selesai

List tempat mahasiswa memindahkan card target dari list Target Mingguan jika target card sudah tercapai

 

6 List Milestone

Merupakan List tempat mahasiswa menempatkan card dirinya pada milestone yang sesuai dengan progress pengerjaan skripsi/thesis saat itu, terdiri dari:

 

Milestone 1. Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian [PROPOSAL]

Milestone 2. Pengumpulan Data

Milestone 3. Analisis Data

Milestone 4. Finishing, Ujian Pendadaran

Milestone 5. Publikasi

Milestone 6. Yudisium

  

Pembuatan Card Mahasiswa

Mahasiswa membuat card sendiri pada Milestone 1 dengan cara sebagai berikut:

Masuk ke board Skripsi/Thesis, akan nampak banyak List, silahkan copy card pada list Milestone 1 dgn menekan icon pen, atau pada aplikasi smartphone lakukan duplicate.

Lalu pilih copy

Rename title dengan nama masing2, lalu tekan Create Card

Maka akan muncul card baru dengan nama masing2, pilih/tekan card tersebut

Isi description dgn judul skripsi/thesis

Lalu, tambahkan member, tekan icon Member…

Pilih nama anda sendiri  agar anda mendapatkan notifikasi jika ada perubahan pada card anda sendiri

 

Mengisi card

Setelah mahasiswa selesai membuat card, mahasiswa dapat mulai mengisi detail checklist yang telah disediakan sesuai dengan hasil yang sudah dicapai.

Detail checklist berupa review atau deskripsi singkat. Jika checklist berupa tabel atau gambar maka dapat dilampirkan dalam attachment.

Checklist dapat ditambahkan oleh mahasiswa sesuai kebutuhan.

Pengisian card dilakukan secara mandiri oleh masing-masing mahasiswa. Namun, dosen pembimbing dapat menambah atau mengurangi checklist tiap mahasiswa sesuai kebutuhan.

 

Aturan Main

Jika misalnya semua checklist dalam suatu kelompok Milestone di dalam card dirasa sudah dilakukan semua, mahasiswa dapat memindahkan card ke milestone berikutnya.

Di dalam template card juga sudah diberi tanda kapan mahasiswa dapat memindahkan card ke milestone selanjutnya.

Saat anda memindah card ke milestone selanjutnya, lampirkan draft naskah sampai Bab sesuai milestone dlm bentuk pdf.

Dosen pembimbing akan melakukan koreksi pada naskahnya, jika menurut dosen pembimbing dirasa ada yg kurang, ada dosen pembimbing dapat mengembalikan card mahasiswa ke milestone sebelumnya, dengan diberi komentar atau tambahan checklist untuk diselesaikan terlebih dahulu.

 

List Target Mingguan,

Mahasiswa wajib membuat card target baru di list Target Mingguan minimal pada setiap hari Senin.  Card ini berisi checklist target kegiatan atau capaian mahasiswa dalam satu minggu ke depan berkaitan dengan milestone yang sedang berjalan. Pengisian card ini dilakukan juga dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa.

Jika target mingguan sudah semua selesai dilakukan, mahasiswa dapat memindahkan card target tersebut ke List Target Selesai. Jika diperlukan, mahasiswa melampirkan bukti file/foto saat memindah card.

Target mingguan yang berhasil diselesaikan seharusnya menjadi bagian dari detail checklist dalam card mahasisa di list Milestone.

Card target mingguan diberi duedate, maksimum selama 1 minggu. Memungkinkan mahasiswa membuat card target baru sebelum 1 minggu habis berjalan, jika target dapat terselesaikan lebih awal.

Jika ada checklist dalam card target mingguan, yang setelah duedate ternyata tidak dapat terpenuhi atau tidak berhasil, maka beri komentar pada kartu tersebut mengapa target tidak dapat tercapai. Kartu ini tetap dipindahkan ke list Target Selesai.

Checklist yang tidak berhasil terpenuhi dapat ditulis lagi di card target mingguan yang baru.

Card target mingguan yang ada di list Target Selesai dapat dipindah ke Archive, jika sudah ada card target lainnya milik mahasiswa yang bersangkutan akan masuk ke list Target Selesai.

Semua card target yang ada di dalam Archive mohon TIDAK DIDELETE.

 

Selamat Ber-Trello !!!

 


1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *